Tiba Di Mamuju, Sapi Kurban Joko Widodo Pribadi Diperiksa Intensif

Tiba di Mamuju, Sapi Kurban Jokowi Langsung Diperiksa IntensifSapi kurban Presiden Jokowi di Mamuju. (Abdy/detikcom)

Mamuju -Presiden Jokowi memperlihatkan seekor sapi untuk kurban di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat. Sapi itu berjenis Simental, dengan berat 1,050 ton.

Sapi tersebut datang di halaman Masjid Syuhada, Kabupaten Mamuju, Sabtu siang (10/08/19), dan kesehatannya eksklusif diperiksa oleh tim dari Direktorat Jendral Peternakan dan Kesehatan Kementerian Pertanian. Pemeriksaan itu untuk memastikan sapi sehat dan dagingnya kondusif dikonsumsi.


Pemeriksaan dilakukan dari segi fisik, ibarat kulit, mata, dan mulut, sampai kondisi kesehatan sapi yang lainnya. "Secara umum mulai dari investigasi tubuh, kulit, mata dan gigi semuanya normal, yang paling penting tidak ditemukan adanya pendarahan yang dapat terindikasi penyakit antraks," kata salah seorang anggota tim, Abdul Rahman, ketika dimintai konfirmasi wartawan.

"Alhamdulillah sama sekali tidak ditemukan ada pendarahan pada sapi sebab penyakit antraks sangat berbahaya sebab dapat ditularkan dari binatang ke manusia," imbuhnya.


Di tempat yang sama, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Sulbar Tanawali menyampaikan Jokowi sudah rutin berkurban di Sulbar dalam 3 tahun terakhir. "Tahun ini kita laksanakan di Kabupaten Mamuju dan insyaallah akan digilir pada semua kabupaten di tempat ini," ujarnya.

Sapi berusia tiga tahun dengan panjang 2 meter dan tinggi 170 sentimeter ini dibeli Jokowi dari salah seorang peternak berjulukan Abdul Rahim, warga Kelurahan Sidodadi, Kecamatan Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar, seharga Rp 85 juta. Karena ukurannya tidak biasa, sapi ini diberi nama 'Tyson'.

Sumber detik.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel