Kongres V Pdi Usaha Di Bali Bikin 23 Rekomendasi Politik

Kongres V PDI Perjuangan di Bali Bikin 23 Rekomendasi PolitikFoto: Dok. PDIP

Jakarta -Kongres V PDI Perjuangan menciptakan 23 rekomendasi politik untuk dilaksanakan seluruh struktur partai dan menjadi pertimbangan pemerintahan Presiden Joko Widodo dalam merumuskan kebijakan. Rekomendasi Kongres tersebut dibacakan oleh Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Jambi, sekaligus Sekretaris Sidang Kongres V PDI Perjuangan, Edi Purwanto.

Edi membacakan rekomendasi Kongres V sesudah diminta oleh Ketua Sidang Kongres V Soerya Respationo.

"Apakah rekomendasi politik ini harus dibacakan? Harus ya, alasannya yakni ini sangat penting. Silakan Sekretaris membacakan rekomendasi politik," kata Soerya dalam keterangan tertulis, Sabtu (10/8/2019).


Edi lalu beranjak ke podium sesudah meminta izin Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri untuk membacakan rekomendasi politik hasil Kongres V. Edi yang mengenakan kopiah hitam dengan pin Bung Karno itu merupakan kader termuda di barisan pimpinan sidang.

Sebanyak 23 poin rekomendasi politik lahir hasil sidang komisi dan disahkan penerima Kongres. Isu yang diangkat mulai dari politik, hukum, dan keamanan, ilmu pengetahuan dan teknologi, sampai pengentasan kemiskinan, jaminan kesehatan, dan penanganan HIV/AIDS.

Saat menunjukkan arahan, Megawati memberikan alasan Kongres membahas khusus pentingnya menjaga ideologi Pancasila. Pasalnya, fenomena disintegrasi jawaban Pemilu 2019 hampir mengoyak persatuan dan kesatuan bangsa.


"Ini duduk perkara serius. Persatuan yakni syarat mutlak dalam berbangsa dan bernegara," kata Megawati.

Presiden kelima Republik Indonesia itu melanjutkan, PDI Perjuangan juga menaruh perhatian besar pada pencegahan dan penanganan virus HIV-AIDS. Pasalnya, ia khawatir angka orang dengan HIV/AIDS (ODHA) meningkat alasannya yakni kurangnya sosialisasi pencegahan.

"Kenapa kita partai politik kok membicarakan HIV/AIDS? Karena politik juga harus menjamin kehidupan orang banyak," ucapnya.



Tonton video Ada Yasonna Hingga Risma, Ini Susunan Pengurus DPP PDIP 2019-2024:

[Gambas:Video 20detik]



Sumber detik.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel