Pemprov Riau Imbau Salat Idul Adha Di Masjid Bila Asap Pekat

Pemprov Riau Imbau Salat Idul Adha di Masjid Jika Asap PekatFoto: Antara Foto

Pekanbaru -Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau mengimbau biar salat Idul Adha dilaksanakan dalam masjid. Ini dilakukan bila terjadi asap pekat imbas kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

"Sesuai isyarat Gubernur Riau kepada saya, kalau kabut terlalu tebal di imbau untuk salat di dalam ruangan masjid saja (tidak di lapangan terbuka-Red)," kata Kakanwil Depag Riau, Mahyudin kepada wartawan, Sabtu (10/8/2019).

Selain itu, sambung Mahyudin, pada pelaksaan salat Idul Adha seluruh jemaah diminta berdoa supaya Riau turun hujan.

"Agar Kakamenag dan MUI di kabupaten dan kota, KUA bersama MUI kecamatan dan pengurus masjid segera melakukan salat istisqa (salat minta hujan) di wilayah masing-masing," kata Mahyudin.

Sebagaimana diketahui, kondisi udara di Pekanbaru dan sejumlah kabupaten dan kota di Riau terselimuti asap imbas Karhutla. Kebakaran yang terjadi sudah hampir sebulan.

Dinas Kesehatan Provinsi Riau telah membagikan belasan ribu masker ke masyarakat dalam sepekan ini. Warga sudah diimbau untuk mengurangi acara di luar ruangan.

Namun demikian, hingga ketika ini belum ada kebijakan pemerintah kawasan untuk meliburkan sekolah. Aktivitas sekolah dari banyak sekali tingkatan masih berjalan menyerupai biasa walau sudah banyak yang mengeluhkan asap.


Sumber detik.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel