Ini Cara Pansel Komisi Pemberantasan Korupsi Kerucutkan 20 Nama Capim Dari Aneka Macam Unsur

Ini Cara Pansel KPK Kerucutkan 20 Nama Capim dari Berbagai UnsurHendardi (Foto: Ari Saputra)

Jakarta -Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan (Capim) KPK akan mengambil setidaknya 20 penerima untuk maju ke tahap berikutnya. Nama-nama tersebut dipilih menurut skor dari poin yang dilewati dalam profil asesmen.

"Saya kira nanti ada skor ya, mereka (vendor) akan kasih skor. Kalau psikotes kemarin itu kan ada skor. Misalnya soal kepribadian, soal kesehatan jiwa, soal berorganisasi, kepemimpinan, ada semacam skor, tentu dengan penjelasannya," ujar Anggota Pansel KPK Hendardi, di Gedung Lemhanas, Gondangdia, Jakarta Pusat, Jumat (9/8/2019).




Hendardi menyebut skor dari beberapa poin tersebut yang diakumulasikan, kemudian diurutkan dari yang tertinggi. Namun, kalau ada skor salah satu poin yang rendah akan dibahas lebih lanjut.

"Saya kira skor itu dijumlah, terus diurutkan. Tapi kalau ada yang ia jeblok sekali, itu dibahas. Misal skornya tinggi nih ia masuk, tapi ada satu contohnya kesehatan jiwa jeblok bener, ya kita pertimbangkan, kita minta pertimbangan vendor. Baru kita sesuainya dengan kebutuhan kita," ucap Hendardi.

Hendardi menjelaskan Pansel KPK belum berbicara mengenai perlu atau tidak pemenuhan unsur dalam pimpinan KPK. Saat ini pihaknya masih akan fokus terhadap hasil tes profil asesmen ini.




"Tapi kalau unsurnya nggak terlalu penting kita, maksudnya kita nggak pernah tentukan, kita belum bicara soal unsur, tapi kalau contohnya nanti dari vendor kasih ke kita, kita lihat, kemudian kita tentukan apakah memang perlu unsur ini terpenuhi," katanya.

Anggota Pansel KPK Hamdi Muluk menambahkan Pansel KPK juga akan meminta data pendukung dari forum lain. Data tersebut untuk menjadi pertimbangan pelengkap dalam proses seleksi di tahap profil asesmen ini.

"Nah tentu nanti materi ini akan menjadi dasar bagi kami untuk wawancara lanjutan nanti, dan data ini juga menjadi pertimbangan kami, beserta juga ada data data penelusuran dari forum yang kami minta menyerupai KPK, BIN, PPATK, terus juga ada laporan masyarakat dan itu kita olah jadi satu dan nanti kita pakai untuk mengerucutkan biasanya 1:2 jadi nanti 40 akan 20 orang terbaik," katanya.




Tonton Video Mencari Sang Pemburu Koruptor:

[Gambas:Video 20detik]



Sumber detik.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel