100 Sapi Kurban Di Makassar Tak Layak Disembelih, Warga Diminta Teliti

100 Sapi Kurban di Makassar Tak Layak Disembelih, Warga Diminta TelitiSapi kurban. (Foto: Ibnu Munsir/detikcom)

Makassar -Petugas Dinas Perikanan dan Pertanian (DP2) Makassar melaksanakan investigasi binatang kurban. Petugas menemukan 25 ekor sapi kurban dinyatakan tidak layak disembelih dan dibeli oleh masyarakat.

"Kami melaksanakan investigasi binatang kurban dengan mengambil sampel darahnya eksklusif diperiksa, kesudahannya sore apakah terindikasi penyakit atau tidak. Kalau hari ini di sini saja gres 25 semua tidak layak alasannya ialah umur dan rata-rata begitu, ada juga giginya," kata Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DP2 Makassar, Andi Herliyani, ditemui di Jalan Masjid Raya Makassar, Makassar, Sabtu (3/8/2019).



Sapi dinyatakan tak layak karena tak memenuhi kriteria dan syarat untuk disembelih sebagai binatang kurban. Masyarakat diminta untuk tidak membeli binatang kurban yang tak layak dan memperhatikan syarat membeli binatang kurban.

"Kami minta masyarakat untuk memperhatikan kelayakan sapi kurban yang akan dibeli. Mulai umur sampai melihat cacatnya," jelasnya.

Pemerintah Kota Makassar sendiri memastikan tahun ini DP2 Makassar menemukan 100 sapi kurban yang tak layak konsumsi dari 4.000 sapi yang telah dilakukan pemeriksaan. Sementara untuk investigasi sample darah belum dipastikan akan dilihat pada sore nanti.



"Diperiksa di laboratorium untuk darahnya. Tapi ada ratusan (tak layak) alasannya ialah tahun kemudian kita periksa 4.000 ekor ada 10 persen yang tak layak kurban," tutupnya.

Usai investigasi binatang yang dinyatakan layak, kemudian diberi tanda dan kartu kesehatan oleh petugas. Dinas Perikanan dan Pertanian (DP2) Makassar meminta masyarakat untuk hati-hati dalam membeli binatang kurban dengan melihat terlebih dahulu ciri fisiknya.

Sumber detik.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel