Disnak Situbondo Temukan Banyak Domba Kurban Yang Sakit Mata

Disnak Situbondo Temukan Banyak Domba Kurban yang Sakit MataDomba yang sakit mata/Foto: Ghazali Dasuqi

Situbondo -Menjelang Idul Adha, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnak Keswan) Situbondo menemukan sejumlah binatang kurban sakit mata. Penyakit tersebut banyak ditemukan pada ternak domba.

Sidak dilakukan di sejumlah sangkar peternak dan penyedia binatang kurban di Situbondo. Selain dipisahkan, domba-domba yang mengidap penyakit mata (pink eye) juga eksklusif diobati.

Kabid Keswan dan Kesmavet Disnak Situbondo Sulistiyani mengatakan, pihaknya eksklusif menawarkan penanganan cepat terhadap domba-domba yang sakit mata. Meski tidak termasuk penyakit yang membahayakan, namun jikalau tidak diobati dikhawatirkan sanggup menggugurkan sebagian syarat kurban.


"Hewan kurban syaratnya kan harus sehat. Kalau kurang sehat, khawatir besar lengan berkuasa terhadap gugurnya syarat kurban," kata Sulistiyani kepada wartawan, Sabtu (10/8/2019).

Selebihnya, Sulistiyani memastikan sampai ketika ini Situbondo kondusif dari penyakit binatang yang bersifat zoonosis atau sanggup menular kepada manusia. Seperti penyakit anthrax.


Ia yakin alasannya ialah pihaknya secara terencana melaksanakan pengawasan dan investigasi terhadap binatang ternak. Seperti sapi, domba dan kambing yang ada di Situbondo.

"Kita intens memantau dan menyelidiki kesehatan binatang ternak di 17 kecamatan. Termasuk binatang ternak yang keluar masuk Situbondo," pungkas perempuan berjilbab itu.



Tonton video Anies Minta Walikota Urus Lapak Hewan Qurban di Trotoar:

[Gambas:Video 20detik]



Sumber detik.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel