Awasi Lapak Binatang Kurban, Dinas Peternakan Probolinggo Temukan Kambing Cacat

Awasi Lapak Hewan Kurban, Dinas Peternakan Probolinggo Temukan Kambing CacatHewan kurban di Kabupaten Probolinggo/Foto: M Rofiq

Probolinggo -Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Probolinggo melaksanakan pengawasan dan pendataan hewan kurban. Seekor kambing ditemukan cacat dan tidak layak untuk berkurban.

Salah satu agresi pengawasan dilakukan di lapak penjualan kambing dan domba kurban yang ada di Jalan Panglima Sudirman, Kelurahan Patokan, Kecamatan Kraksaan. Petugas menyelidiki kesehatan setiap binatang kurban. Mulai dari mulut, gigi dan bab matanya.

Pengawasan bertujuan untuk memastikan kesehatan dan kelayakan binatang tersebut untuk berkurban. Termasuk soal umur dan kondisi fisik binatang kurban apakah normal atau cacat.


Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Pengolahan dan Pemasaran, Yukti Widiatmaningsih mengatakan, petugas telah melaksanakan pengawasan di beberapa titik penjualan binatang kurban. Petugas menemukan seekor kambing kurban yang cacat fisik. Kaki kambing tersebut bengkok.

Yukti meminta pelapak tidak menjual kambing tersebut untuk kebutuhan kurban. Mengingat, binatang kurban dihentikan cacat fisik dan harus sudah cukup umur.

"Adanya pengawasan ini semoga ternak yang dijual benar-benar layak untuk kurban. Baik dari umur, serta giginya sudah poel," terperinci Yukti, Rabu (7/8/2019).


Terlepas dari itu, penjualan kambing kurban di Kabupaten Probolinggo mengalami peningkatan dalam sepekan terakhir jelang Idul Adha. Bahkan berdasarkan seorang penjual hewan kurban, Muadz Banawir, harganya pun ikut naik.

Menurut Muadz, harga kambing ketika ini berkisar antara Rp 3 juta hingga Rp 4 juta per ekor tergantung ukuran. Sementara harga domba di kisaran Rp 2 juta hingga Rp 3 juta per ekor. Naik sekitar Rp 300 ribu hingga Rp 500 ribu dari harga sebelumnya.

"Mendekati Hari Raya Kurban, penjualan meningkat. Biasanya sehari hanya terjual 1 hingga 2 ekor. Namun kini dapat 5 hingga 10 ekor sehari. Harganya pun juga ikutan naik dari hari biasanya," pungkas Muadz.




Tonton Video Waspada! 100 Sapi Kurban Ditemukan Tidak Layak di Makassar:

[Gambas:Video 20detik]



Sumber detik.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel